Kamis, 14 November 2013

Cara Mengubah Tampilan Overlapping Windows Untuk Desain Form Microsoft Access 2007

Tampilan desain form pada MS. Access 2007 secara default berbentuk Tabbed Document, dimana semua halaman desain objek aplikasinya dipisahkan dalam beberapa tab halaman. Pengaturan tampilan layar desain dalam MS. Access 2007 terdiri dari 2 (dua) macam yaitu Tabbed Document dan Overlapping Windows. Dengan pengaturan layar Overlapping Windows, tampilan halaman desain form Anda tidak lagi terikat dalam 1 baris tab yang sama, melainkan sudah berdiri sendiri pada layar desain yang berbeda untuk tiap objek desain dalam MS.Access 2007. Pengaturan tampilan window ini dapat dilakukan hanya pada file database yang sedang Anda aktifkan. Untuk file database yang lain Anda harus melakukan kembali pengaturan yang sama seperti pada file database sebelumnya. Untuk mengubah setting halaman desain form MS.Access 2007 menjadi tampilan Overlapping Windows, silahkan ikuti langkah-langkah berikut :

Langkah 1

Buka editing form MS.Access 2007 Anda dalam bentuk tampilan Design View.

Langkah 2

Klik tombol Office Button (ada di sebelah kiri atas layar) -> Pilih Access Option .

Langkah 3

Pilih Current Database, pada bagian Document Windows Option ubahlah pilihan Tabbed Document menjadi Overlapping Windows lalu klik tombol OK.
access1

Langkah 4

Tutuplah layar MS.Access 2007, jangan lupa simpan semua hasil desain Anda.
access2

Langkah 5

Buka kembali file database Anda dalam MS.Access 2007. Kemudian aturlah properties formnya seperti Auto Center, Auto Resize, Border Style, Record Selector, Navigation Buttons, Scroll Bars, Min Max Buttons, Moveable, dan lain-lain sesuai kebutuhan desain form Anda.
access3

Langkah 6

Lihat tampilan desain form Anda dalam bentuk tampilan Form View, seperti tampilan berikut :
access4
Selamat Mencoba, Semoga Sukses :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar