Senin, 30 Desember 2013

Tanaman Pembawa Hoki

Tanaman Pembawa Hoki

Sejumlah tanaman di bawah ini dipercaya bisa mendatangkan berkah atau kebahagiaan bila ditanam di rumah. Terlepas dari benar atau tidak, tak ada salahnya bila dijadikan pemanis halaman.
Sri Rejeki. (Aglaonema)
aglonema.jpgTanaman ini berasal dari Indonesia dan Thailand. KataAglaonema berasal dari bahasa Yunani, yang berarti membawa energi dan keuntungan. Di Indonesia tanaman ini lebih dikenal dengan sebutan Sri Rejeki. Aglaonema juga memiliki kekuatan simbolik yaitu warna merah yang disenangi masyarakat Asia karena dianggap sebagai lambang keberanian
Sedangkan Aglaonema berwarna kuning (warna emas) dipercaya mampu membawa hoki. Bahkan, bila pada daunnya tampak semakin jelas terdapat tanda semacam goresan, totol-totol, atau warna kuat yang muncul di daun, dipercaya tanaman ini akan semakin mendatangkan keberuntungan bagi pemiliknya
Nanas Simbol Raja. (Ananas sp.)
Nanas sebenarnya berasal dari Amerika Latin. Dalam bahasa Cina nanas dikenal dengan sebutan huang li, berarti raja. Tak heran bila kemudian nanas dijadikan simbol raja. Biasanya, nanas diletakkan di atas meja persembahan agar rezeki seluruh anak cucu dapat melimpah seperti halnya rezeki yang diterima anak-anak para raja yang turun temurun dan melimpah ruah.
Euphorbia. (Euphorbia milii)
Berasal dari Madagaskar dan dikenal juga dengan julukan Grown of Thorn. Menurut sejarahnya, nama Euphorbia diberikan untuk tanaman ini sebagai penghargaan atas jasa Euphorbus, seorang dokter Raja Juba dari Kerajaan Mauritania, Afrika Utara. Sedangkan di Asia, Euphorbia dikenal dengan sebutan pak sien hwa (dalam bahasa Cina berarti bunga delapan dewa karena kelopaknya yang berhadapan seolah membentuk angka delapan).
Sosok tanaman ini dipercaya mampu membawa hoki. Orang Thailand menyebutnya Poysian atau tanaman keberuntungan yang membawa kesuksesan dan kemakmuran. Batangnya yang diselimuti duri "dianggap" mampu mengusir keberadaan roh-roh jahat. Semakin besar dan banyak bunganya, Euphorbia dipercaya semakin bisa membawa keberuntungan dan kesuksesan bagi pemiliknya.
Jeruk Kasturi. (Citrus Mitis)
citrus mitis.jpg
Terkadang disebut pula jeruk kipp atau jeruk imlek, jeruk yang berasal dari Cina. Saat tahun baru imlek, jeruk ini sering dijadikan sebagai hadiah karena warnanya yang kuning keemasan dikenal dengan istilah Jin Ju. Jeruk pun dianggap sebagai lambang kekayaan dan pembawa perdamaian.

Warnanya yang cerah merupakan lambang keceriaan dan kebahagiaan. Sedangkan daunnya yang hijau dan lebat melambangkan kemakmuran. Buah jeruk juga tak jarang dilambangkan sebagai emas, kesejahteraan, dan keberuntungan sehingga orang yang menanam dan memeliharanya diharapkan rezekinya akan terus mengalir.
Bambu Hoki. (Dracaena Sanderiana)
lucky bamboo.jpg
Bamboo image from: www.lucky-bamboo.org
Tanaman yang aslinya berasal dari Cina ini juga dikenal dengan banyak sebutan antara lain Bambu Jepang, Lucky Bamboo, Bambu Rejeki, atau Ribbon Plant. Selain elok dipandang, bambu jepang juga dipercaya akan membawa hoki bila diletakkan di sudut ruangan.
Dengan kata lain, tanaman ini dipercaya bisa memodifikasi ruangan agar terasa nyaman dan berenergi. Selain itu, tanaman ini juga diyakini sebagai tanaman yang paling baik sebagai penyaring udara untuk mendatangkan chi (energi) positif. Pada rumah berlahan sempit, bambu jepang dapat ditanam cantik di dalam pot.
Buah Tin. (Ficus Carica)
Disebut juga buah ara, fig, kiara, atau prabu mulih. Tanaman buah ini berasal dari Jordania, Timur Tengah. Selain bisa langsung dikonsumsi karena rasanya yang manis, atau diolah menjadi manisan buah kering seperti kurma.
Buah Tin juga diketahui berkhasiat sebagai obat pengencer dahak, penghancur batu di saluran kencing, dan menstabilkan gula darah. Getahnya yang mengandung resin dan asam malat setelah dikeringkan, dapat digunakan sebagai penggumpal susu dalam proses pembuatannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar